Sumur Resapan Air, Cara Sederhana Mengurangi Banjir - Ruang Sipil

Breaking

Ruang Sipil

Memberikan Informasi Teknik Sipil

About Author

Jumat, 23 Maret 2018

Sumur Resapan Air, Cara Sederhana Mengurangi Banjir

Bangunan sumur resapan adalah sebuah rekayasa pada pembuatan sumur konservasi yang dibuat sedemikian rupa yang dibuat didalam tanah dengan kedalaman tertentu. Tujuan pembuatan sumur resapan adalah untuk menampung jumlah air hujan agar kawasan tersebut tidak banjir.

Sumber air yang didalam tanah sering kali digunakan berlebihan dan jika hal ini terus berlangsung maka tanah akan mengalami penurunan. Ketika musim kemarau aliran air yang didalam tanah akan sangat sulit untuk didapatkan.

Sumur resapan menjadi solusi agar air didalam tanah tidak mudah kering dengan cara menginjeksikan air hujan ke dalam tanah. Sumur resapan sangat cocok dipasangkan pada kawasan yang mudah banjir seperti perkantoran, industri dan perumahan.

Sumur dapat dibuat pada ke dalaman tententu, pada ketinggian tertentu diberi pipa untuk menyalurkan ke selokan terdekat. Pada tahan dasar sumur diberikan bebatuan alami untuk penyaring air alami.
Berikut persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuat sumur resapan :

Kedalaman tanah pada musim hujan minimal 1,50 meter.
Keadaan struktur tanah yang dapat digunakan untuk membangun sumur resapan adalah nilai permebilitas tanah minimal 2.0 cm/jam.
Jarak sumur resapan dengan septitank harus diatas 5 meter dan jarak sumur resapa dengan pondasi bangunan harus di atas 2 meter.
 
Membuat sumur dapat menggunakan cangkul dan biaya untuk membuat sumur sangat ekonomis namun memiliki manfaat yang besar. Pembuat sumur ditanah labil dapat diberi batu bata agar dinding tanah tidak runtuh.
Cara kerja sumur ini adalah ketika air hujan turun diatas atap rumah akan menuju talang air dan menuju pipa dan ditampung ke dalam sumur resapan.

Ketika sumur akan penuh dan tidak dapat menampung debit air maka pipa yang sudah dipasangkan akan membuat air yang ada didalam sumur ke dalam selokan dan air akan langsung dibuat ke gorong-gorong.

Air yang tertampung didalam gorong-gorong akan meresap dan telah tersaring secara alami pada bebatuan yang sudah diberikan. Air akan meresap ke dalam tanah untuk menuju ke sumber air yang ada didalam lapisan tanah dan memperbaiki kondisi tanah disekitarnya.

Dengan adanya sumur resapan ini semoga kawasan yang sering tergenang banjir dapat diatasi dan kualitas air yang ada didalam tanah akan menjadi lebih baik lagi. Kita sebagai manusia juga harus lebih peduli kepada alam supaya keberlangsungan kehidupan agar terus terjaga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar