Kereta
api merupakan moda transportasi masal yang sering digunakan untuk berangkat dan
pulang bekerja, ada juga untuk mudik ke daerah asalnya karna biaya yang murah
dan dapat mempersingkat waktu. Tidak hanya untuk moda transportasi, kereta api
juga sering digunakan untuk kereta.
Lintasan
kereta api terbuat dari dua batang baja yang di pasang sejajar dan bantalan
untuk menopang rel dan kereta tersebut. Jalur rel kereta biasanya dibangun
lebih tinggi dari tanah sekitarnya agar tidak terbenam saat banjir datang,
minimal 1/2 meter dari sisi tanah aslinya.
Fungsi pada bantalan tersebut adalah untuk menahan gaya laju kereta yang lewat, untuk memperkuat bantalan maka diperlukan besi/penambalan rel untuk mengikat rel dengan bantalan tersebut, selain bantalan pada jalur kereta di beri timbunanan batuan koral agar dapat meredam gaya gesek yagn terjadi dan untuk menjaga bantalan tetap pada tempatnya.
Fungsi pada bantalan tersebut adalah untuk menahan gaya laju kereta yang lewat, untuk memperkuat bantalan maka diperlukan besi/penambalan rel untuk mengikat rel dengan bantalan tersebut, selain bantalan pada jalur kereta di beri timbunanan batuan koral agar dapat meredam gaya gesek yagn terjadi dan untuk menjaga bantalan tetap pada tempatnya.
Jenis-Jenis Bantalan Rel Kereta :
Bantalan Kayu
Bantalan
rel pada zaman penjajahan masih menggunakan balok kayu, biasanya penggunaan
kayu yg memiliki serat bagus adalah kayu jati karna memiliki elastisitas yang
tinggi namun penggunaan kayu memiliki kelemahan yang daya dukung untuk bantalan
hanya sedikit karna sering keropos terlebih jika tingkat kelembapannya sangat
tinggi.
Bantalan Baja
Bantalan
baja bisa dibilang bantalan yang paling mahal harganya, di Indonesia sangat
jarang menggunakan bantalan jenis ini namun penggunaanya hanya di tikungan saja
karna mudah untuk membentuk dan mudah dalam pengerjaannya.
Bantalan Beton
Pada
masa modern bantalan pada kereta pun diganti dengan beton, karna di
Indonesia sudah banyak perusahaan yang bisa memproduksi beton di bawah
manajement pemerintah, dipilihnya beton karna memiliki daya tahan yang lama
terhadap perubahan cuaca ataupun suhu.
Bantalan Slab Beton
Kalau
batalan beton biasa memiliki jarak satu dengan yang lainnya, pada bantalan slab
beton ini menjadi satu dengan badan jalan, pada proses pengerjaan ini slap
beton harus benar – benar teliti agar mendapatkan hasil yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar