Teknik Merobohkan Bangunan Yang Benar & Aman - Ruang Sipil

Breaking

Ruang Sipil

Memberikan Informasi Teknik Sipil

About Author

Senin, 16 April 2018

Teknik Merobohkan Bangunan Yang Benar & Aman


Gedung adalah sebuah konstruksi bangunan bertingkat yang di buat oleh manusia secara permanen untuk pusat pemerintahan, perkantoran, dan lain-lain di daerah perkotaan. Gedung yang dibuat biasanya memiliki jumlah lantai yang banyak dan bisa di bilang gedung pencakar langit.
Setiap lantai pada gedung memiliki beberapa fasilitas yang berfungsi untuk menunjang para karyawan untuk melakukan aktifitas dengan baik. Dalam membuat gedung yang kokoh pun tentu harus merencanakan dengan matang dan memilih bahan bagunan dengan kualitas yang baik.

Mulai dari pembuatan pondasi hingga finishing pada gedung tentu harus merencanakan dengan sangat baik, sedikit kesalahan pada pembuatan bangunan maka gedung akan mengalami kerusakan dan ketahanan gedung akan tidak berjalan semestinya.

Gedung yang tidak sudah dipakai biasanya akan dilakukan perobohan atau dihancurkan untuk menghindari kejadian yang tidak di inginkan. Penyebab gedung sudah tidak dipakai adalah umur bangunan yang sudah tua dan sangat rawan untuk digunakan lagi.

Lantas bagaimana cara merobohkan bangunan bertingkat tanpa membahayakan lingkungan sekitarnya, Berikut teknik merobohkan bangunan sering dipakai :

Implosion
Implosion merupakan teknik perobohan gedung dengan cara peledakan, para pekerja akan memasangakan peledak pada titik-titik inti pada struktur bangunan yang berdiri. Teknik ini harus memiliki perhitungan yang baik tentang bahan peledak yang digunakan.

Perhitungan yang matang akan memungkinkan sisa material bangunan akan jatuh ke area aman yang telah di tentukan dan tidak membahayakan lingkungan sekitar, biasanya teknik ini digunakan pada gedung perkotaan.

High Reach Arm
Metode ini merupakan metode tradisional dengan menggunakan bantuan alat berat berupa ekskavator, alat perusak akan dipasangkan pada ujung ekskavator untuk membongkar struktur bangunan dan para pekerja akan membersihkan material bangunan agar maneuver alat berat tidak terganggu.

Tidak semua orang bisa menggunakan ekskavator untuk merobohkan bangunan, dibutuhkan skill tinggi untuk menjalankan ekskavator tersebut dan perhitungan cermat agar pada saat perobohan bangunan tidak menimpa ekskavator dan para pekerja.

Crane dan Bola Besi
Metode ini hanya memerlukan crane dan bola besi, crane yang terpasang sebagai pengayun dan sang bola akan menjadi beban untuk kemudian di hantamkan ke sebuah bangunan yang tidak terpakai. Bola besi memiliki berat lebih dari 3 ton dan dapat menghancurkan berbagai macam struktur bangunan dengan cepat.

Dalam mengoperasikan ini sang operator crane harus lah berpengalaman, sangat penting untuk memperhatikan waktu dan kualitas pembongkaran supaya pembongkaran dapat berjalan dengan efektif dan berjalan sesuai rencana.

Menghancurkan Dari Dalam
Cara ini merupakan yang telah dilakukan jepang untuk merobohkan bangunan dengan ramah lingkungan. Cara kerja metode ini adalah dengan bantuan jack hidrolik dan beberapa teknologi maju lainnya. Perobohan gedung akan menyusut secara sendirinya.
 
Menggunakan cara ini akan mengurangi polusi debu sekitar 90% sehingga dampak terhadap lingkungan sangat kecil. Sampah dari hasil perobohan juga dapat dilakukan daur ulang yang nanti bisa di jadikan energi listrik.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar