Alat-alat Pemadatan Tanah - Ruang Sipil

Breaking

Ruang Sipil

Memberikan Informasi Teknik Sipil

About Author

Kamis, 15 Maret 2018

Alat-alat Pemadatan Tanah

Jalan raya merupakan saran penting yang dibuat untuk bisa menghubungkan ke berbagai daerah dengan menggunakan transportasi darat seperti sepeda, motor, mobil dan masih banyak lagi. Selain itu, jalan raya juga meningkatkan kegiatan ekonomi pada suatu daerah.

Kelancaran arus lalu lintas sangat bergantung pada kondisi jalannya, semakin baik kondisi jalan maka arus lalu lintas akan semakin lacar. Pembangunan jalan saat ini terbagi menjadi 3 jenis yaitu jalan aspal, jalan beton dan jalan campuran aspal dan beton.

Pembangunan jalan di Indonesia terkadang masih kurang merata karena buruknya mutu dari pemadatan tanahnya. Pemadatan adalah suatu proses dimana udara pada pori-pori tanah dikeluarkan dengan salah satu cara mekanis (menggilas/memukul).

Tujuan pemadatan tanah adalah untuk menaikan kekuatannya, memperkecil daya rembesan dan memperkecil pengaruh air pada tanah. Sehingga ketika pemadatan tanah telah dilakukan secara baik maka kondisi jalan akan bertahan dalam berbagai jenis kendaraan dan cuaca.

Untuk memadatkan tanah biasanya akan menggunakan bantuan alat berat agar prosesnya bisa berjalan dengan baik dan cepat. Berikut alat-alat yang umum digunakan dalam pemadatan tanah :

1.    Penggilas Getar (Vibration Roller)
 
Alat ini merupakan alat yang paling sering digunakan untuk proses pemadatan. Alat ini mempunyai getaran, butiran-butiran akan langsung masuk mengisi ke kosongan yang ada di dalam tanah. Sehingga tanah akan menjadi padat dan susunanya akan menjadi kompak. 

2.    Penggilas Besi Bermukaan Halus (Smooth Steel Roller)
Smooth Steel Roller mempunyai roda silinder baja yang halus. Alat ini sangat cocok digunakan untuk memadatkan pada kondisi tanah yang lempung. Untuk pemadatan dengan karakteristik yang tinggi dan tebal dapat menggunakan alat ini

3.    Tandem Roller
Alat ini umumnya digunakan permukaan yang agak halus dengan memiliki 2 buah roda roller dengan mempunyai bobot 8 dan 14 ton. Alat ini biasanya digunakan untuk pemadatan landasan pesawat terbang dengan klasifikasi jalan yang tinggi.

4.    Pneumatic Tired Roller 
Alat ini terdiri dari penggilas roda ban karet. Susunan dari roda depan dan belakang berselang-seling, sehingga ketika tanah ada yang tidak tergilas pada roda depan maka akan tergilas pada roda belakang. Biasanya alat ini digunakan pada kondisi tanah lempung dan pasir.  



Proses pemadatan tanah









Tidak ada komentar:

Posting Komentar