Software Plaxis untuk Analisa Stabilitas Tanah - Ruang Sipil

Breaking

Ruang Sipil

Memberikan Informasi Teknik Sipil

About Author

Kamis, 29 Maret 2018

Software Plaxis untuk Analisa Stabilitas Tanah

Seiring berkembangnya teknologi global, kini setiap pekerjaan selalu di sokong dengan menggunakan berbagai perangkat lunak yang dapat membantu pekerjaan secara efisien. Perangkat lunak yang digunakan berperan penting dalam melakukan analisa, perhitungan, desain dan lain-lain.

Salah satunya adalah perangkat lunak Plaxis 2D dan 3D, perangkat lunak ini adalah sebuah aplikasi dalam geoteknik yang dipilih karena bisa menganalisa kondisi tanah dengan cara membuat simulasi pembebanan didalam software tersebut.

Tanah merupakan element penting yang berfungsi sebagai pijakan dari sebuah bangunan, terkadang kondisi tanah sering berubah-ubah dan sangat berbahaya jika membangun pada kondisi tanah seperti itu.

Analisan kondisi tanah biasa yang sering dilakukan adalah displacement, tegangan-tegangan tanah, faktor keamanan pada lereng, timbunan tanah untuk jalan, konstruksi galian dan masih banyak lagi.

Tampilan software Plaxis
Fitur-fitur didalam Plaxis 

Geometry model adalah input program berupa lapisan tanah, struktur, langkah konstruksi, pembebanan dan kondisi tanah lainnya yang dimasukan dalam bentuk grafis (Autocad).

Beam yaitu struktur balok yang digunakan sebagai dinding penahan tanah, terowongan, bendungan dan lain-lain. kondisi struktur di definiskan dengan tingkat kelenturan, kekakuan dan ultimate bending moment

Interface adalah sambungan yang diperlukan dalam interkasi tanah dan struktur. interface digunakan untuk analisa dalam tegangan geser pada pondasi, sloof dan dinding penahan tanah.

Anchors adalah angkur yang dapat dimodelkan sebagai element pegas elastis. Perilaku element didefinisikan dengan tingkat kekakuan dan gaya yang di peroleh dari tanah.

Geotextile adalah element yang disimulasikan secara khusus dengan tahanan tarik pada tanah. Biasanya geotextile digunakan pada konstruksi dinding penahan tanah dan perkuatan tanah.

Tunnels adalah permodelan terowongan yang dimasukan dalam plaxis untuk menganalisa kondisi kestabilan pada area tanah disekitarnya.

Mistar
Pada sisi kiri dan sisi atas dari bidang gambar terdapat mistar yang menunjukkan koordinat x dan y dari model geometri. Mistar ini secara langsung akan menunjukkan dimensi dari geometri.

Bidang Gambar
Bidang gambar adalah area gambar dimana model geometri dibuat dan dimodifikasi. Pembuatan dan modifikasi model geometri umumnya dilakukan dengan menggunakan bantuan mouse, tetapi untuk pilihan pilihan tertentu masukan langsung dengan menggunakan papan ketik dapat dilakukan.

Bidang gambar dapat digunakan sama seperti program untuk menggambar lainnya. Barisan teratur atau grid dari titik-titik kecil pada bidang gambar dapat digunakan sebagai bantuan untuk menggambar dengan tepat pada posisi-posisi tertentu sesuai dengan grid tersebut

Indikator Posisi Kursor
Indikator posisi kursor menunjukkan posisi saat ini dari kursor baik dalam satuan fisik maupun dalam satuan pixel layar tampilan

General Setting
Jendela General Setting selalu muncul pada awal proyek baru ataupun dapat dipilih kelak dari sub-menu Berkas. Jendela Pengaturan global terdiri dari dua buah 'lembar tab' (tab sheet) yaitu Proyek dan Dimensi.

Lembar-tab Proyek memuat nama proyek serta deskripsinya, jenis model dan data akselerasi. Lembar-tab Dimensi memuat satuan dasar untuk panjang, gaya dan waktu serta dimensi dari bidang gambar

Untuk mempermudah aplikasi ini harus menguasai teori mekanika tanah dan rekayasa pondasi agar hasil analisa di Plaxis mendapatkan nilai yang akurat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda untuk mengoperasikan software plaxis, jangan lupa follow blog kami agar tidak ketinggalan informasi menarik lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar