Inovasi Concrete Laser Screed Machine, Mesin Untuk Meratakan Permukaan Pengecoran. - Ruang Sipil

Breaking

Ruang Sipil

Memberikan Informasi Teknik Sipil

About Author

Kamis, 05 April 2018

Inovasi Concrete Laser Screed Machine, Mesin Untuk Meratakan Permukaan Pengecoran.

Pengerjaan pengecoran adalah suatu proses penuangan beton segar ke dalam cetakan suatu element struktur yang telah diberi besi tulangan untuk memperkuatnya. Pengecoran dapat dilakukan pada plat lantai, kolom, pondasi dan masih banyak lagi.

Sebelum melakukan pengecoran dilapangan haruslah dilakukan inspeksi untuk memastikan bahwa bekisting dan besi tulangan sudah terpasang dengan baik. jika pemasangan kurang baik ditakutkan cetakan akan mudah lepas akibat tekanan dari beton.

Pelaksanaan pengecoran harus lah diratakan dan dipadatkan agar mencapai ketinggian yang sama dan tidak ada material beton yang menggumpal. Perataan permukaan beton dapat mencegah terjadinya rongga udara.

Plat lantai yang memiliki rongga udara akan menyebabkan lantai menjadi rusak secara terus menerus,perbaikan lantai juga akan memakan biaya yang berlebih. Biasanya untuk meratakan permukaan beton dapat menggunakan dengan alat screed dengan manual.

Seiring berkembangnya teknologi, ada banyak pekerjaan yang dibantu dengan menggunakan mesin yang telah dirancang khusus. Jika dahulu mengandalkan tenaga manusia sehingga membutuhkan waktu yang lama.
 Salah satu mesin yang dapat membantu manusia adalah Concrete Laser Screed Machine. Mesin ini berguna untuk meratakan permukaan beton pada saat pengecoran atau finishing. Dengan dibantu seorang operator maka mesin ini akan sangat mudah meratakan permukaan beton dengan cepat.

Mesin ini mempunyai lengan yang bisa memanjang dan kembali lagi mendekati dengan operator diatasnya. pada bagian bawah terdapat plat yang berguna untuk meratakan beton yang telah dituangkan pada area cetakan.
Mesin ini menggunakan sistem hidrolik yang dapat naik dan turun sesuai dengan keinginan pengecoran. Sebelum melakukan alat ini haruslah dilakukan pengukuran elevasi dengan menggunakan alat level agar elevasi pada pengecoran tetap sama.

Langkah-Langkah Melakukan Pengukuran 
Pasangkan tripod diatas plat yang sudah dicor lalu pasangkan alat diatas tripod tersebut, penggaris aluminium di didirkan dengan jarak tertentu dan pada penggaris tersebut dipasangkan alat laser detector.
laser detector (kiri) dan penggaris aluminium (kanan) 
Laser alat Topcon ditembakan ke alat laser detector untuk mengetahui level pada area tersebut. Laser tinggal di naikan atau diturunkan agar posisinya mencapai angka nol atau garis ( - ), sehingga area elevasi sudah sama pada area sekitarnya yang sudah di lakukan pengecoran.

Lalu laser detector dapat dipasangkan pada kedua besi hidrolik, pemasangan ini bertujuan agar plat yang diturunkan oleh operator dapat seimbang dan proses perataan beton dapat berjalan dengan baik dan rapi.

Berikut video dalam melakukan perataan dengan mesin ini.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sedang ingin melakukan pekerjaan pengecoran agar hasi mendapatkan hasil maksimal. Jangan lupa follow blog kami agar tidak ketinggalan informasi menarik lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar